02/09/14

Iron Man

Karakter
Nama Asli : Anthony Edward Stark
Nama Panggilan : Tony Stark
Tinggi : 185,42 cm tanpa armor, 198,12 menggunakan armor
Berat : 102 kg tanpa armor, 192 kg menggunakan armor
Kekuatan : Tidak ada; Tubuh Tony telah ditingkatkan dengan techno-organik virus dimodifikasi, Extremis, tetapi saat ini tidak dapat diakses dan bisa dioperasi.
Kemampuan : Tony memiliki kecerdasan tingkat jenius yang memungkinkan dia untuk menciptakan berbagai perangkat canggih, yang mengkhususkan diri dalam senjata canggih dan armor. Dia memiliki pikiran bisnis yang tajam.
Anggota : Avengers, Initiative, Hellfire Club (outer circle), S.H.I.E.L.D., Illuminati, Thunderbolts, Force Works, Queen's Vengeance, Alcoholics Anonymous

Anthony "Tony" Stark merupakan anak dari Howard Anthony Stark dan Maria Collins Carbonell Stark, pemilik perusahaan terkemuka di Amerika Serikat, Stark Industries. Tony terpukau dengan peralatan dan mesin pengendalian. Pada usia 15 tahun ia masuk ke program sarjana teknik elektro di  Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan lulus dengan gelar Master pada usia 19 tahun ia bekerja di Stark Industries. Tetapi ia memiliki kelemahan yang sangat fatal yaitu hidup yang sembrono serta gaya hidup playboy menggunakan rekayasa keterampilannya. Pada usia yang baru menginjak 21 tahun Tony telah mewarisi Stark Enterprises ketika orang tuanya meninggal dalam sebuah kecelakaan yang telah diatur oleh perusahaan saingannya yaitu Republik Oil (kemudian ROXXON). Terpengaruh dengan gaya hidupnya yang flamboyan
serta asal-asalan Tony tidak sanggup menjalankan perusahaannya sendiri dan akhirnya meminta serketarisnya Virginia "Peper" Pots naik jabatan menjadi asissten eksekutif sehingga dapat menyelesaikan pekerjaanya dan meninggalkan apa yang disebutnya sebagai beban.

Tony pribadi menghadiri tes bidang perangkat keras militer di salah satu pabrik internasional; Namun, segera setelah kedatangannya partai Stark diserang oleh sekelompok teroris yang dipimpin oleh Sin-Cong revolusioner Wong Chu . Selama skirmish, ranjau darat meledak dan mengajukan sepotong pecahan peluru di dekat jantung Tony. Dibawa kembali ke kamp Wong-Chu, Tony berbagi sel dengan Profesor Ho Yinsen, seorang ahli fisika terkenal di dunia. Wong-Chu menuntut bahwa dua ilmuwan mengembangkan persenjataan canggih untuk pasukannya. Mengetahui bahwa ia tidak bisa hidup lama dengan pecahan peluru begitu dekat dengan jantungnya, Tony mengusulkan agar ia dan Yinsen memberikankan hadiah mereka untuk menciptakan salah satu Battlesuits, dilengkapi dengan generator medan magnet untuk mencegah pecahan peluru mencapai jantungnya. Baju besi yang mereka ciptakan menjadi yang pertama Iron Man armor dan dilengkapi dengan persenjataan magnetik mentah untuk pertahanan. Sementara baterai armor ini sedang didukung, beberapa pria Wong-Chu mencoba mendobrak masuk pada proses. Yinsen pergi untuk menciptakan pengalihan dan ditembak mati oleh pria Wong-Chu. Setelah baterai telah selesai diisi, Tony pun pergi ke pertempuran sebagai Iron Man dan merobek kamp Wong-Chu. Dia akhirnya kembali ke Amerika Serikat dengan bantuan Marinir AS James "Rhodey" Rhodes. Tony ditawarkan Rhodey pekerjaan dengan perusahaannya dia harus memberikannya baju zirah kepada pemerintah AS.

Pada awalnya, Tony menemukan kehidupan barunya siksaan pada pelat dada baju besi nya harus dipakai terus-menerus dan sering diperlukan pengisian. Dia harus membuat rahasia tentang armor tersebut dari semua orang, termasuk tunangannya, Joanna Nivena. Tony didukung oleh Joanna, dengan siapa ia berbagi identitas rahasianya. Joanna mendorong dia untuk menggunakan senjatanya sebagai pahlawan super, tapi akhirnya membatalkan pertunangan mengetahui Tony tidak akan menjadi seorang keluarga yang dia inginkan.

Tony bekerja untuk meningkatkan baju besi Iron Man dan Iron Man diklaim adalah pengawal pribadi Tony Stark untuk menyamarkan identitasnya. Tony memainkan peran ganda-dengan pembentukan Avengers baik sebagai sponsor dan sebagai Iron Man, sebagai anggota pendiri bersama dengan Thor , Ant-Man (Henry Pym) , yang Wasp (Janet van Dyne) , dan Hulk . Sementara mengejar Namor Sub-Mariner , Iron Man datang di tubuh koma dari Captain America (Steve Rogers).Rogers merupakan pahlawan super terkenal di Perang Dunia II, membeku didalam es. Dia dihidupkan kembali, Captain America bergabung dengan Avengers dan menjadi rekan yang penting dan teman untuk Tony. Kemudian, Tony membantu mendirikan badan super mata-mata internasional S.H.I.E.L.D untuk memerangi ancaman teroris.

Tentang Film

Tony Stark pertama kali muncul pada tahun 2008 ketika menjadi cameo pada film The Incridible Hulk, Filmya sendiri tayang pada tahun yang sama dengan judul IRON MAN, film ini bercerita tentang bagaimana proses Tony menjadi Iron Man serta menjadi pahlawan New York dan melawan Iron Monger. Dilanjutkan pada tahun 2010, Iron Man 2 dimana anak dari teman sekaligus musuh Howard Stark berulah dan menuntut balas dendam kepada Tony Stark dan merubah dirinya berkat teknologi setingkat dengan Iron Man yaitu Whiplash. Pada tahun 2012 Ironman juga ikut menjadi bagian team Avengers bersama supehero marvel lainnya, Setahun kemudian Iron man 3 pun dirilis berhadapan dengan Aldirch Killian yang mengaku sebagai Mandarin.

Pemeran dalam Film:
Tony Stark diperankan oleh Robert Downey Jr.

Peper Pots diperankan oleh Gwyneth Paltrow

James "Rhody" Rhodes diperankan oleh
Terencce Howard pada Iron Man tahun 2008

Don Cheadle pada Iron man 2 dan Iron man 3





Sumber:
http://marvel.com/characters/29/iron_man
http://marvel.com/universe/Iron_Man_(Anthony_Stark)
http://id.wikipedia.org/wiki/Iron_Man
http://id.wikipedia.org/wiki/Pepper_Potts


0 komentar:

Posting Komentar